Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Langkah atau tahap Membuat Website


Bila anda sebelumnya belum pernah membuat website tentu anda merasa bahwa membuat website merupakan sesuatu yang susah. Namun sesungguhnya bila anda punya keinginan untuk belajar, anda akan sadar bahwa membuat website merupakan pekerjaan yang mudah dan menyenangkan.


Didalam membuat website yang baik, kita harus memperhatikan apa yang dibutuhkan client agar client puas dan senang .


Berikut fase-fase atau langkah-langkah dalam pembuatan website yang baik :


A.Memilih Domain atau Fase Pengumpulan Data

Memilih nama domain sangatlah penting, karena akan menjadi nama alamat website anda kelah. Pilihlah nama yang mudah diingat dan sesuai dengan tema website anda nanti.Dalam memilih domain anda bisa membelinya di pasaran domain, namun jika anda masih belajar saya sarankan menggunakan domain gratisan lebih dulu.


fase pengumpulan data:

1. Berbicara dengan client mengenai konsep website yang diinginkan.

2. Mengambil data-data yang akan di tampilkan pada website, baik berupa artikel maupun gambar-gambar yang diperlukan. Untuk isi konten selain dari data-data yang telah diberikan oleh client, bisa juga mengambil dari brosur,testimonial dari pihak luar, dll .

3. Untuk data gambar,jika dirasa masih kurang, bisa dilakukan dengan pengambilan gambar tambahan menggunakan kamera dari pihak web designer.


B.Memilih Hosting atau Fase Perencanaan

Jika diumpamakan nama domain adalah bolam lampu, maka hosting adalah aliran listriknya. Jadi apabila tidak ada layanan hosting maka domain kita tidak akan “menyala” atau online.Harga domain bermacam-macam, tergantung kapasitas dan fasilitasnya. Namun ada baiknya menggunakan layanan hosting gratisan lebih dahulu apabila anda masih dalam tahap belajar.


fase perencanaan:

1. Mendiskusikan hasil pengumpulan data & pembicaraan dengan client dengan pihak pimpinan perusahaan.

2. Penentuan Layout website.

3. Perlu diperhatikan, dalam penentuan jenis template yang akan di pakai harus disesuaikan dengan perpaduan warna yang diinginkan oleh client. karena setiap jenis client memiliki ciri khas masing-masing dalam hal desain. Jadi,harus di sesuaikan dengan jenis client. Apakah client tersebut berupa corporate, hotel, Restaurant, Perorangan, Mall, dll.

4. Menentukan perpaduan warna yang cocok dengan warna dasar yang di inginkan client. Untuk mempermudah, bisa dilakukan dengan mengunjungi website-website yang menyediakan desain kombinasi warna (color combination) untuk website.

5.semua bahan-bahan penunjang sudah kita siapkan, maka tugas kita yg lain adalah membuat website (toko). Sebenarnya untuk Pemula, Buat blog juga boleh.
Ingat, website adalah identitas perusahaan kita. Segala transaksi bermula dari website kita. Kalo anda sudah punya website, anda boleh merasa seperti sudah punya perusahaan.


C.Fase Pra-Perancangan dan Upload Halaman Web ke Hosting

fase pra-perancangan:

1. Membuat gambaran umum mengenai tata letak seluruh isi website, yaitu header, logo, banner, content, modul, component, link menu, dll.

2. Kuasai sepenuhnya template yang akan kita pakai, terutama modul position, fitur-fitur utamanya, letak kode php yang membangun template tersebut, style css yang dipakai agar memudahkan dalam editing kode.

3. Untuk template yang telah kita dapat dari internet, diharuskan dilakukan penamaan ulang (rename) agar tidak terlihat nama template aslinya.


Upload Halaman Web ke Hosting: Setelah anda punya domain dan hosting, selanjutnya anda harus membuat tampilan halaman website anda. Buatlah semenarik mungkin, setelah itu upload ke hosting anda. Dan andapun sudah punya website anda.Demikian ulasan dari saya tentang langkah membuat website, semoga bisa menjadi pertimbangan dalam membuat website untuk anda.


Fase Perancangan

1. Membuat/mendesain header(jika memerlukan header). Hal ini bisa dilakukan melalui gambar yang sudah ada dari pihak client yang dikombinasikan dengan desain gambar yang kita buat ataupun gambar dari browsing.

2. Mendesain logo.

3. Merancang content perhalaman.

4. Mendesain Frontpage.


Fase Finishing

1. Setelah proses pembuatan website selesai, lakukan cek ulang terhadap seluruh isi website. Usahakan sedetail mungkin dalam pengecekan.




  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar